ISRA MI'RAJ



  ISRA MI'RAJ

Ibnul Qayyim berkata : "menurut riwayat yang shahih. Rasulullah SAW di Isra'kan dengan jasadnya. Dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis. Dengan menaiki Buraq yang disertai Jibril, lalu turun disana dan sholat mengimami para nabi yang lain. Sementara buraq diikat pada tali pintu masjid"

        Pada malam itu pula, dari Baitul Maqdis beliau naik ke langit dunia bersama Jibril. Jibril meminta izin agar dibukakan. Maka pintu langit dibukakan baginya.


  • Di langit pertama Beliau melihat Adam, bapak sekalian manusia. Beliau mengucapkan salam dan Adam mnyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah baginya. Allah memperlihatkan roh orang orang yg mati syahid ada di sebelah kanan dan roh orang orang  yg sengsara ada di sebelah kiri.
  • Di langit kedua Beliau melihat Yahya bin Zakaria dan Isa bin Maryam.
  • Di langit ketiga melihat Yusuf.
  • Di langit keempat melihat Idris.
  • Di langit kelima melihat Harun bin Imran.
  • Di langit keenam melihat Musa bin Imran. Ketika beliau akan berlalu darinya. Maka ia menangis  mengapa engkau menangis musa? "Aku menangis karena ada seorang pemuda yang diutus sesudahku. Yang masuk syurga bersamaku dan lebih banyak dari umatku yg masuk ke sana."
  • Di langit ke ketujuh melihat Ibrahim.


   (Kesemua yang ditemui diatas, beliau mengucapkan salam. Lalu dijawab salamnya dan mereka menetapkan nubuwah beliau)

      Lalu beliau naik lagi ke Sidratul Muntaha lalu ke Al Baitul Ma'mur. Kemudian dibawa naik lagi untuk menghadap Allah hingga jaraknya tinggal sepanjang dua ujung busur atau lebih dekat lagi.       Lalu Allah mewayuhkan apa yang diwahyukan kepada hambaNya. Allah mewajibkan kepada beliau sholat 50 kali. Beliau kembali lagi hingga bertemu Musa.

"Apa yang diperintahkan kepadamu?" tanya Musa
"Sholat 50 kali" jawab beliau
"Sesungguhnya umatmu tak akan sanggup melakukannya. Kembalilah menemui Rabbmu dan mintalah keringanan kepadaNya bagi umatmu." kata Musa

Beliau memandang ke arah Jibril, meminta pendapatnya. Maka Jibril mengisyaratkan dengan berkata, "itu benar, jika memang engkau menghendaki".
Bersama Jibrik beliau naik hingga menghadap Allah. Akhirnya jumlah sholat dikurangi 10. Lalu beliau turun dan menyampaikan kepada Musa.
"Kembalikah lagi menemui Rabbmu dan mintalah keringanan kepadaNya" kata Musa. Begitulah beliau mondar mandir menemui Musa dan Allah hingga sholat itu ditetapkan lima kali.

Sebenarnya Musa menyuruh beliau kembali lagi untuk meminta keringanan. Namun beliau bersabda, "Aku sudah malu kepada Rabbku. Aku sudah ridha dan bisa menerimanya."
Setelah beberapa saat ada seruan yang terdengar, "Kewajiban dariKu telah Kutetapkan dan telah Kuringankan bagi hambaKu."

Peristiwa pembelahan dada juga terjadi pada peristiwa isra' mi'raj. Beliau ditawasi susu dan khamr lalu beliau memilih susu. Lalu dikatakan, "Engkau telah dianugerahi fitrah atau engkau telah mendapat fitrah. Jika engkau mengambil khamr berarti engkau menyesatkan umatmu."

Beliau juga melihat empat sungai di syurga. Dua sungai yang tampak dua sungai yang tidak tampak. Dua sungai yang tampak adalah Nil dan Eufrat. Dengan kata lain risalah beliau akan menempati daerah yang subur antara Nil dan Eufrat yang penduduknya akan menjadi pengemban islam dari satu generasi ke generasi. Bukan berarti kedua sungai itu bersumber dari mata air syurga.

Beliau juga melihat malaikat penjaga neraka, yang tidak pernah tersenyum dan di wajahnya tidak ada kegembiraan dan keceriaan

Beliau melihat orang2 yg mengambil harta anak yatim secara sewenang wenang, yang mempunyai bibir seperti onta. Mereka mengambil sepotong api neraka langsung ke bibirnya lalu api itu keluar lagi dari duburnya. Beliau melihat orang orang yg suka riba, mereka mempunyai perut yang besar sehingga tidak beranjak dari tempatnya karena perutnya yang membesar itu. Para pengikut fir'aun melewati mereka tatkala digiring ke neraka, lalu mereka melemparkan orang orang yang mengambil riba ini ke neraka.

Beliau melihat para pezina yang membawa daging berminyak yg baik di tangannya dan di sebelah ada daging jelek dan busuk. Mereka mengambil daging busuk itu dan membiarkan daging yang baik.

Beliau melihat para wanita yang suka memasuki tempat tinggal kaum laki laki yang bukan anak anaknya. Beliau melihat para wanita itu bergelayut pada payudaranya.

Beliau melihat kafilah dari penduduk Makkah dalam perjalanan dan kepulangannya. Beliau menunjukkan seekor unta milik mereka yang terlepas dan beliau juga meminum air mereka di bejana tertutup selagi mereka tertidur lalu meninggalkan bejana itu tetap dalam keadaan tertutup. Ini merupakan bukti kebenaran pernyataan beliau yang disampaikan esok harinya setelah malam Isra mi’raj.

Ibnul Qayyim berkata, "esok harinya tatkala Rasulullah berada di tengah kaumnya, beliau menggambarkan apa yang diperlihatkan Allah berupa tanda tanda kekuasaanNya yang agung. Mereka pun semakin menjadi jadi dalam mendustakan dan mengejek beliau. Mereka meminta agar beliau menyebutkan ciri ciri Baitul Maqdis. Maka Allah menampakkannya sehingga beliau bisa melihatnya secara langsung. Beliau juga menggambarkan tentang kafilah dagang mereka tatkala kepergian dan kepulangannya, tentang seekor onta milik mereka yang terlepas dari rombongan. Setelah kafilah itu tiba, maka apa yang disampaikan beliau cocok dengan keadaan sebenarnya. Namun semua rentetan kejadian ini justru membuat mereka lari menjauhkan diri, dan orang orang yang zhalim tidak menghendaki kecuali kekufuran.

Ada yang berkata bahwa Abu Bakar dijuluki "Ash-Shiddiq", karena dia langsung membenarkan kejadian ini selagi semua orang mendustakannya..

Wallahu'alam

(Dikutip dari buku Shirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri)

Komentar