Kenalan yuk, sama Kampus E PGSD FIP UNJ

KAMPUS E PGSD UNJ


    


    Hai sobat! How’s your life? I wish your life be filled with love, hope, health, joy, and happiness and also, don't forget to be grateful. Mau tanya nih sebelumnya sudah sejauh mana sobat tahu tentang Kampus E UNJ? Kampusnya anak PGSD gitu loh😁😁

     Cukup banyak mahasiswa PGSD yang udah lama bolak-balik, masuk keluar kampus setiap hari tapi masih kurang tahu tentang sejarah dari gedung kampus tercinta kita ini. Duuhh sedih yaa. Eits, tenang-tenang Sobat gak perlu sedih lagi karena kali ini kami akan membahas hal tersebut berdasarkan cerita dari Bapak Drs. Kasina Ahmad, M.Pd (Tulisan ini dikutip dari buletin Pernik MAF tahun 2011).

     Kampus yang dikelilingi oleh bangunan bertingkat tinggi ini, dibangun tahun 1950. Lalu baru bisa ditempati sejak tahun 1953 oleh Sekolah Keguruan yang bernama SGA (Sekolah Guru A). Sekolah ini setara dengan tingkat Sekolah Menengah Atas. Namun, SGA tidak bertahan lama dan akhirnya berganti nama dengan SGB (Sekolah Guru B). SBG juga setara dengan  SGA. Siswa yang ingin melanjutkan ke SGB diseleksi terlebih dahulu secara ketat. Persyaratannya yaitu nilai UN harus bernilai rata-rata delapan, memiliki keterampilan seni dan olahraga, serta sehat jasmani dan rohani. SGB merupakan sekolah kedinasan, banyak mahasiswa yang harus tinggal di asrama selama 4 tahun, sampai sekarang bisa kita lihat bangunan asrama tersebut masih berdiri kokoh di sebelah gedung SD Laboratorium PGSD FIP UNJ. Keren yaa?

     SGB ini pun tidak bertahan lama loh! Ketika tahun 1965 namanya diubah menjadi SPG, Sekolah Pendidikan Guru. SPG berdiri hanya sampai tahun 1990-an dikarenakan ada Surat Keputusan Pemerintah untuk mengalih fungsikannya menjadi D2 PGSD. Setelah D2 PGSD berdiri, masih kurang jika pendidikan seorang guru hanya setingkat diploma dan akhirnya keluarlah SK Rektor No 36-37/SP/2006/PembukaanPGSDS1. 

     Nah, sebagai mahasiswa PGSD berbahagialah dan berbanggalah karena untuk mencapai ini semua memerlukan perjuangan yang tak mudah. Adapun,  jikalau sobat tau ternyata kampus kita ini termasuk ke dalam cagar budaya karena gedung nya memiliki banyak sejarah terutama dari kerangka gedungnya yang terbuat dari baja (makanya susah ada sinyal, lho? hehe). Apalagi dengan alas lantainya yang terbuat dari kayu jati yang masih super kuat sampai saat ini. Terbentuknya gedung ini ada bantuan campur tangan dari PBB loh, keren yaa? Masya Allah..
Nah, setelah kita tau sejarah dari kampus kita tercinta, yuk kita jaga dan hidupkan kampus kita agar terlihat lebih baik lagi dari sebelumnya. S E M A N G A T ya sobat semua...








Komentar